5.13.2017

Ashabul kahfi

Assalamualaikum warohmatullah wabarokaatuuh...

Hei,pemuda pemudi....
Selamat pagi, selamat beraktifitas
Selamat hari ahad, semoga hari ini penuh berkah.

Lagi pengen nulis tentang satu kisah yang sangat inspiratif.
Sejujurnya sih nih baru aja namatin film nya ashabul kahfi dari awal sampai akhir.
Sebelum2 nya liatnya hanya sepotong-potong gak runtut.
Akhirnya ngulang dari awal biar tahu jalan ceritanya secara runtut.

Sekilas dari yang aku bisa ambil dari filmnya sih ya...

Ashabul Kahfi itu...


Kisah Pemuda Kahfi adalah kisah tentang sekumpulan pemuda Muslim menakjubkan yang hidup di negeri kafir. Mereka bertekad hijrah demi mempertahankan dien dan keimanan. Ini dilakukan setelah mereka mendakwahi kaumnya lalu tiada memperoleh apapun selain penentangan, perlawanan, penolakan, tekanan, dan intimidasi.

Kemudian ALLAH melindungi dan mejaga mereka dengan menidurkan mereka di dalam gua selama 309 tahun lamanya. Ketika terbangun, mereka mendapati kaumnya telah berubah. Negeri tempat tinggal mereka dahulu menjadi negeri yang beriman.

ALLAH Azza wa Jalla menjadikan bangunnya mereka setelah tidur panjang sebagai tanda Kesempurnaan dan Kekuasaan-Nya. Juga sebagai penegas bahwa janji ALLAH tentang kebangkitan pasti benar tiada keraguan di dalamnya.

Dari pemuda Kahfi, kita belajar
bahwa sumbu peradaban dunia ada pada pemuda. Kucuran keringat mereka yang berpadu dengan pemikiran fundamental dan visioner mampu mendobrak kejumudan berpikir masyarakat tempat mereka hidup. Bermodalkan landasan Tauhīd dan visi rahmatan lil ‘alamin, mereka mampu mengubah mimpi menjadi kenyataan.

Pemuda Kahfi juga mengajarkan kita bahwa seorang pemuda harus teguh memegang keyakinan terhadap Rabbnya. Menentang ketidakadilan, kezhaliman dan berupaya mengubahnya semata-mata karena ketundukan kepada Rabbnya.

Segala cinta dan rasa harap hanya ditujukan untuk sang kekasih, ALLAH Azza wa jalla.

Pemuda Kahfi meletakkan keimanan kepada ALLAH sebagai ruh dalam kehidupan. Meyakini dengan sebaik keyakinan bahwa Kebenaran hanya datang dari ALLAH, yang disampaikan lewat utusan-Nya. Bukan kebenaran versi pemikiran manusia [isme] atau warisan nenek moyang [tradisi/kultural].

"Dan katakanlah: Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu". [Al-Kahfi: 29].

Dari pemuda Kahfi kita juga belajar bahwa orang yang memohon perlindungan kepada ALLAH Subhannahu wa Ta’ala, maka ALLAH akan melindungi dan menyayanginya, dan menjadikan sebab hidayah bagi orang lain.

Dari pemuda Kahfi kita juga belajar bahwa di antara sumber keteguhan dan keistiqomahan di jalan dakwah adalah hadirnya sahabat-sahabat yang shalih yang senantiasa meneguhkan langkah ketika diri mulai berbisik untuk berhenti.

Apalagi di akhir zaman seperti ini sudah seharusnya bagi kita untuk meneladani secara detail apa yang telah dilakukan oleh mereka-ashabul kahfi-.

Yuk kawan, terus semangat!
Dalam berbagai hal, yakin bahwa segalanya mampu kita lakukan sepanjang kita yakin bahwa ada Allah di samping kita.
لا حول ولا قوة الا بالله


Wallahu A'lam

# 17 sya'ban 1438 H #

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar